Posted by: nugrohob | December 4, 2007

ANGIN Duduk = Sindrome Serangan Jantung Koroner Akut

Apa sih yang anda tahu tentang angin duduk..? yang dapat merenggut nyawa seseorang tanpa mengenal usia Tetangga saya seorang pria yang masih di bilang teman (karena usia tidak berbeda jauh) Dengan usia yang tergolong muda (28th) Tidak ada yang janggal, hanya dokter menanyakan riwayat penyakit yang di deritanya.

Dia tergolong pria yang sehat dan energic, hidupnya jauh dari rokok, minuman terlarang maupun narkotika. Tetapi dia meninggal dengan bentuk tubuh menahan rasa sakit dalam keadaan tidur dengan tampak kebiruan di sekitar leher.Dokter mengatakan. “dia terserang Sindrome Jantung Koroner Akut” atau biasa di kenal dengan angin duduk  Angin duduk dengan nama keren Sindrome Jantung Koroner Akut dapat menyerang siapa saja dan hanya dalam waktu 15 – 30 menit dapat merenggut nyawa.

Dunia kedokteran hamper 2 tahun terakhir ini berhasil mengidentifikasi penyakit ini yang ternyata bukan hanya masuk angina berat tetapi lebih ke pada Serangan Jantung Koroner Akut menurut  Guru Besar Bidang Ilmu Penyakit Dalam FKUI, Prof DR dr Teguh Santoso.SpPD  Menurut Teguh Bahwa  masuk  angin  hebat itu adalah penyakit yang berbahaya, bahkan bisa  menimbulkan  kematian  hanya  dalam  waktu 15  hingga 30 menit sejak serangan  pertama.   

Jadi, jika Anda tiba-tiba merasa nyeri dada, sebaiknya tidak melakukan aktivitas fisik apapun termasuk berhubungan seks.  Segeralah pergi ke rumah sakit yang menyediakan fasilitas penanganan gawat  darurat jantung.  Ingat!.  Tidak  boleh lebih dari 15 menit setelah serangan nyeri pertama.   Mitos yang terjadi di masyarakat yang salah selama ini jika masuk angin cukup di kerok, di beri minum air hangat atau minum obat tolak angin. Penderita dapat meninggal secara mendadak yang biasanya di sertai dengan gejala :

– Muncul keluhan nyeri ditengah dada, seperti Rasa ditekan

– Rasa diremas-remas, menjalar ke leher, lengan kiri dan kanan, serta  

  ulu hati.

– Rasa terbakar dengan sesak napas dan keringat dingin.    Keluhan nyeri ini bisa merambat ke kedua rahang gigi kanan atau kiri, bahu, serta  punggung.  Lebih  spesifik,  ada juga yang disertai kembung pada ulu hati  seperti masuk angin atau maag. Sumber masalah sesungguh nya terletak pada penyempitan pembuluh darah jantung (vasokonstriksi)   Penyempitan ini diakibatkan oleh empat hal :

– Pertama,  adanya  timbunan lemak  (aterosklerosis)  dalam pembuluh darah akibat konsumsi kolesterol tinggi.

– Kedua, sumbatan (trombosis) oleh sel beku darah   (trombus);

– Ketiga, Vasokonstriksi atau penyempitan pembuluh darah akibat    Kejang yang terus menerus.

– Keempat, infeksi pada pembuluh darah 

Peyempitan itu mengakibatkan berkurangnya pasokan oksigen kedalam jantung, ketidakseimbangan antara pasokan dan kebutuhan oksigen pada tubuh mengakibatkan nyeri dada yang dalam bahasa medis dikenal dengan angina.Namun hendaknya di bedakan antara keluhan nyeri pada syndrome serangan jantung koroner akut dengan serangan jantung koroner (Infark Miokard) pada Serangan Jantung Koroner angina terjadi akibat sumbatan total pembuluh jantung akibat aktivitas fisik yang berlebihan sementara pada serangan Jantung Koroner Akut, angina yang terjadi akibat penyumbatan tidak total pada pembuluh jantung yang di rasakan pada saat istirahat. Jadi serangan jantung koroner akut ini memang mendadak, bukan karena capek atau masuk angina atau penyakit lainnya   kondisi yang terjadi saat ini adalah rumah sakit tergolong lambat dalam penanganan serangan jantung koroner akut ini.  

Menurut dr. sutedjo SpJp ‘ahli jantung RS. Jantung Harapan Kita” sebaiknya penderita yang sudah mengetahui bahwa dirinya mengalami ganguan pada jantung membawa tablet “anti platelet’ kemanapun ia bepergian Tablet ini yang paling murah dan gampang adalah ASPIRIN yang selain bermanfaat sebagai Pertolongan Pertama Mengatasi Nyeri juga melonggarkan kembali pembuluh darah yang tersumbat oleh trombosit atau platelet (sel pembeku darah) 


Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: